Investasi Tanah,Rumah dan Apartemen

Kebutuhan akan hunian menjadikan investasi properti sebagai investasi yang menguntungkan di Indonesia. Jenis properti yang bisa Anda jadikan pilihan investasi pun beragam, mulai dari tanah, rumah, hingga apartemen. Lalu, manakah yang paling tepat untuk Anda?

Investasi dalam bidang apapun tentu mengharapkan tingkat pengembalian atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah return. Faktanya return dapat menjadi positif alias untung namun ada kemungkinan menjadi negatif alias rugi. Mengapa demikian?

Berikut formula dari return: R = Income + Capital (jika + menjadi capital gain; jika – menjadi capital loss) Nah sebagai contoh, dari formula diatas (jika) income hanya sebesar positif (+) Rp 1.000 sedangkan capital menjadi negatif (-) Rp 1.500 maka akumulasi return menjadi negative (-) Rp 500 atau dengan kata lain investor rugi Rp 500. Selanjutnya dalam bisnis properti kita tinggal memilah-milah mana yang berpotensi sebagai income dan mana yang berpotensi sebagai capital, nah untuk lebih jelasnya slikahkan simak tabel berikut:

Tabel Investasi Properti

Objek

Income (Pendapatan tambahan)

Potensi terjadinya income

Capital gain (Peningkatan modal / harga)

Potensi capital gain

Anjuran Investasi (holding period)

Tanah

Harga sewa / kontrak, kost2an, dll

Kecil

Kenaikan harga per M2

besar

> 5 tahun

Rumah

Sedang

sedang

> 3 tahun

Apartemen

Besar

kecil

< 3 tahun

Tanah

Tanah merupakan investasi yang banyak dipilih karena, sama seperti emas, tanah tidak mengenal penyusutan. Nilainya mengikuti inflasi karena tanah tidak bisa diperbanyak. Artinya, nilai rill tanah tidak mengalami penurunan. Berikut beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi tanah:

Kelebihan

 

Kekurangan

  • Lebih sulit dijual dibandingan dengan rumah atau apartemen. Terutama bila lokasi tanah bukan terletak di daerah berkembang.
  • Bila tidak dijaga dengan benar, misalnya diberi batas yang jelas (pagar atau tembok), maka tanah Anda bisa saja disalahgunakan oleh pihak lain.
  • Lebih sulit dijadikan jaminan utang di Bank jika dibandingkan dengan rumah;
  • Sulit untuk mendapatkan income tambahan dlm bentuk sewa, dll;
  • Semakin luas, semakin tidak likuid karena sulit mencari pembeli yang memiliki banyak uang.

Rumah

Rumah memiliki daya tarik pasar yang sangat besar, bagaimana tidak, rumah merupakan kebutuhan pokok bagi masyarakat.  Berikut ini beberapa kelebihan dan kekurangan dari investasi rumah, antara lain:

Kelebihan

  • Return yang sedang, namun tetap menjanjikan.
  • Lebih likuid dari pada tanah karena mayoritas orang lebih suka membeli rumah dari pada membeli tanah;
  • Lebih mudah dijual serta dijadikan agunan ke bank.
  • Dapat disewakan, sehingga bisa menambah pendapatan Anda.

Kekurangan

  • Biaya perawatan yang lebih besar dibandingkan dengan investasi tanah.
  • Perlunya asuransi yang tidak murah.
  • Perlu mengeluarkan biaya tambahan lain seperti iuran perawatan, kebersihan, dan keamanan yang harus dibayar secara rutin. Jika tidak ditempati, rumah pun memerlukan perawatan lebih – misalnya ada kebocoran, cat yang mengelupas, adanya hama rayap – yang perlu diperhatikan agar tidak menurunkan kondisi dan harga rumah tersebut.
  • Nilai ekonomis bangunan terus menyusut setiap tahunnya. Saat rumah berumur 20 tahun , rumah anda tetap mempunyai nilai tetapi  sering di hargai 0 rupiah .Contoh anda membeli rumah seharga  1,5 miliar. 500 juta untuk bangunan ,1 miliar untuk tanahnya.  20 tahun kemudian  harga rumah anda menjadi 10 miliar. Saat anda ingin menjual rumah anda, bangunan anda tetap mempunyi nilai misalkan nilainya 300 juta, namun seringkali di hargai 0 rupiah . Rumah anda sudah kelihatan kumuh atau modelnya ketinggalan zaman, jadi sering kali begitu rumah anda dibeli , bangunannya langsung di hancurkan kemudian  dibagun rumah yang baru. Jadi yang membuat rumah anda laku dijual 10 miliar itu adalah tanahnya sementara bangunan dihargai 0 rupiah.
  • Dengan adanya bangunan maka pembayaran Pajak (PBB) menjadi lebih mahal jika dibanding dengan tanah.
  • Perlu diasuransikan terhadap kemungkinan kebakaran

Apartemen

Pamor apartemen sebagai investasi properti di Indonesia memang tengah booming untuk beberapa tahun terakhir ini. Berikut beberapa kelebihan serta kekurangan dari investasi  apartemen, yaitu:

Kelebihan

  • Lokasi yang lebih strategis.
  • Fasilitas lengkap dibandingkan dengan rumah pada umumnya.
  • Mudah disewakan dengan harga yang cukup tinggi. Harga sewanya tinggi karena apartemen mengandalkan bangunan yang penyusutannya besar sehingga untuk menutupi penyusutan tersebut harga sewanya harus besar.

Kekurangan

  • Harganya yang lebih mahal dibandingan dengan rumah tapak.
  • Luasnya biasanya sedikit lebih kecil dari rumah.
  • Biaya perawatan apartemen yang lebih mahal dibandingan rumah. Biasanya dikenal dengan maintenance fee biasanya berkisar 200 ribuan permeter.
  • Biaya rutin seperti listrik dan perawatan relatif mahal karena dihitung dengan mengikut sertakan fasilitas bersama atau fasilitas umum
  • Nilai agunannya lebih rendah dibandingkan dengan rumah.
  • Potensi capital gain kecil, hal ini disebabkan karena adanya nilai susut dari bangunan apartemen .  Coba anda bayangkan misalnya anda membeli apartemen di jakarta seharga 1 miliar. Tahun depan terjadi gempa 7-8 skala richter di Jakarta , mengakibatkan gedung apatemen anda miring atau sebagian yang retak2. Apakah anda masih berani tinggal di apartemen tersebut? Di jualpun tidak akan laku karena orang takut untuk tinggal di apartemen tersebut.  Bedah dengan rumah, saat gempa rumah anda roboh tetapi jika di jual tetap laku karena tanahnya tetap berharga meskipun harga bangunan 0 rupiah. Karena itu di tabel investasi properti di atas dianjurkan investasi di bawah 3 tahun.
  • Sering terjadi masalah yang terkait dengan unit milik orang lain, misalkan kebocoran kamar mandi atau pipa pembuangan air milik orang lain yang mengakibatkan unit yang kita miliki harus di perbaiki.
  • Tidak dapat merenovasi sesuka hati, hanya terbatas pada interior.apartemen_miringFoto diatas adalah apartemen miring. Beranikah anda tinggal disana? Atau anda tertarik untuk membeli apartemen tersebut?

This entry was posted in Investasi and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>