Singkong GAJA


Singkong Gajah Adalah Singkong Farietas Unggul Temuan Prof. DR. Ristono MS. Dari Kalimantan Timur Yang Dapat Berproduksi Hingga 40 Kg Per Pohonya
Sebelum Kita Memutuskan Untuk Tanam Singkong , Alangkah Baiknya Kita Kenali Sedikit Karakter Tanaman Singkong Berikut Ini :

- Menghendaki Sinar Matahari Full
Tanaman Singkong Harus Ditanam Bebas Dari Naungan / Tidak Boleh Ternaungi Tanaman Lain. Jadi Tanaman Ini Menghendaki Sinar Matahari Full , Kalau Di Paksakan Di Tanam Di Bawah Naungan Maka Saya Pastikan Hasil Panen Tidak Akan Maksimal.

- Stagnan Atau Berhenti Tumbuh Di Musim Kemarau
Penanaman Singkong Yang Baik Di Lakukan Pada Awal Musim Penghujan , Ini Karena Sifat Singkong Yang Stagnan Di Musim Kemarau / Berhenti Tumbuh Di Musim Kemarau. Di Pulau Jawa Awal Musim Penghujan Biasa Terjadi Pada Bulan September s/d Desember.

- Menyukai Tanah Gembur
Tanaman Singkong Tidak Suka Di Tanam Di Tanah Yang Keras , Jadi Tanah Yang Keras Perlu Di Gemburkan /  Di Bajak Atau Di Cangkul Terlebih Dahulu Sebelum Di Tanam. Tanah Yang Keras Menyebabkan Ubi Singkong Susah Berkembang Menjadi Besar.

- Rakus Unsur Hara
Singkong Termasuk Tanaman Yang Rakus Unsur Hara , Untuk Mengembalikan Kesuburan Tanah Dan Pemenuhan Unsur Hara Bagi Singkong Baiknya Sebelum Di Tanam Tanah Di Beri Pupuk Dasar Terlebih Dahulu ( Pupuk Kandang , Pupuk Kompos ) ! Meskipun Singkong Gajah Termasuk Singkong Unggul Yang Berpotensi Tumbuh Besar Hingga 50 Kg Per Pohonya , Akan Tetapi Jika Tanah Yang Akan Di Tanami Miskin Unsur Hara Maka Bukan Hal Tidak Mungkin Jika Singkong Gajah Berbuah Kecil Seperti Halnya Singkong Biasa.

- Tidak Tahan Genangan Air
Singkong Tidak Dapat Tumbuh Baik Di Daerah Rawa Atau Lahan Yang Sering Tergenang Air. Genangan Air Yang Terus Menerus Juga Dapat Mengakibatkan Singkong Menjadi Busuk Sebelum Di Panen.

- Terbebas Dari Rumput Liar
Rumput Liar Yang Tumbuh Di Sekitar Tanaman Dapat Menjadi Pesaing Untuk Mendapatkan Unsur Hara Bagi Singkong - See more at:

http://www.singkonggajah.com/2014/03/kunci-kiat-sukses-budidaya-singkong.html#sthash.t8edXoRH.dpuf.

Budidaya Singkong Sebenarya Sangat Mudah Dan Saya Yakin Seluruh Petani Sudah Tahu Cara Menanamnya ! Namun Bagi Sebagian Yang Belum Tahu , Berikut Adalah Cara Tanam & RAB Budidaya Singkong Gajah :
Sumber :  http://www.singkonggajah.com/2014/01/cara-tanam-rab-budidaya-singkong-gajah.html#sthash.M42tVbZY.dpuf

A. Pengolahan Lahan :

1. Apabila Di Lahan Yang Mau Kita Tanami Banyak Di Tumbuhi Rumput - Rumputan , Bisa Kita Semprot Dulu Dengan Herbisida Roundup 100 cc / Tangki 14 Liter Untuk Membasmi Rumput Sampai Ke Akar Akarnya.
Biaya Per Ha :
2 Botol Roundup x Rp.65.000 = Rp.130.000,-
3 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.180.000,-

2.Tunggu Sampai 5 Hari Biar Rumputnya Mati Terlebih Dahulu.
Selanjutnya pengolahan lahan dapat di lanjutkan dengan membuat guludan / bedengan memanjang dengan cara di cangkul atau menggunakan traktor besar , Jarak antar bedengan bisa 2 meter. [ Baiknya di dalam bedengan di isi pupuk kompos / pupuk kandang bila pembuatan bedengan menggunakan cangkul atau pupuk di tebarkan di atasnya bila menggunakan traktor.
Biaya Per Ha :
Biaya Cangkul Rp.4.000.000 / Ha
Pengadaan Pupuk Kandang Kotoran Ayam 300 Karung x Rp.8.000 = Rp.2400.000,-
Pengolahan Lahan menggunakan traktor lebih murah kurang lebih Rp.2000.000 / Ha

B. Penanaman

1. Celup beberapa detik bibit ke dalam air yang telah di campur obat pestisida starban untuk membunuh hama yang barangkali ada menempel di batang bibit. bisa juga di dalam air di tambahkan pupuk gandasil B

2. Setelah di celup Bibit singkong sudah bisa langsung di tanam di atas bedengan yg telah di buat , Kalau Jarak antar bedengan 2 meter. Jarak tanam bisa 2 x 1 meter , Sehingga populasi tanaman per ha sekitar 5.000 Pohon.
Biaya Per Ha :
4 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000,-

C. Perawatan Dan Pemupukan

1.Setelah tanam singkong yang baru berumur 1 minggu sudah bisa di beri pupuk NPK Phoska Secukupnya.
Biaya Per Ha :
2 Karung / 100 Kg Pupuk NPK Phoska = Rp.240.000,-
2 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.120.000,-

2.Umur 2 Minggu Setelah Tanam Penyemprotan Herbisida Diuron 80 WP , Untuk membunuh kecambah & Biji Gulma agar tidak tumbuh.
Biaya Per Ha :
1 Kg Diuron  / 1 Dus  = Rp.90.000,-
3 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000,-

3. Pemupukan Ke 2 Setelah Singkong Umur 2 Bulan Dengan pupuk NPK Phoska Secukupnya.
Biaya Per Ha :
3 Karung / 150 Kg Pupuk NPK Phoska = Rp.360.000,-
3 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000,-

4. Pemupukan Ke 3 Bisa Di Ulang Setelah Singkong Umur 4 Bulan Dengan pupuk NPK Phoska Secukupnya.
Biaya Per Ha :
8 Karung / 400 Kg Pupuk NPK Phoska = Rp.960.000,-
8 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.480.000,-

D. Pengendalian Hama & Penyakit

Hama yang sering menyerang tanaman singkong adalah kutu putih & tungau merah. Hama ini sama sama menghisap cairan hijau daun / clorofil pada daun , Serangan yang parah dapat menurunkan produksi hasil panen. Sepengetahuan Saya hama ini hanya menyerang menjelang kemarau dan di musim kemarau. Serangan yang sudah terlanjur parah susah sekali di atasi , biasanya petani akan membiarkanya saja sampai musim penghujan tiba. Dimusim penghujan hama ini akan hilang dengan sendirinya.
Cara Pengendalian dan pencegahan :
Menjelang kemarau semprotlah bawah daun dengan obat akarisida omite , pestisida starban , pupuk daun gandasil B dan perekat yang di oplos jadi satu setiap 2 Minggu sekali selama 3 bulan. Selain mencegah di serang hama penyemprotan juga berfungsi untuk pemupukan daun.
Biaya Per Ha :
3 Botol Omite 100 cc x Rp.25.000 = Rp.75.000,-
3 Botol Starban 100 cc x Rp.20.000 = Rp.60.000,-
1 Bungkus Gandasil B 500 Gr x Rp.30.000 = Rp.30.000,-
Perekat 2 Liter x Rp.10.000 = Rp.20.000,-
3 Orang Tenaga Kerja x Rp.60.000 = Rp.240.000,-
TOTAL Rp.425.000,- x 6 Kali [ 3 Bulan ]= Rp.2.550.000,-

Sampai disini / umur 4 bulan pemupukan dan perawatan singkong gajah sampai panen tiba sudah tidak ada lagi , Jadi Kalau Saya Hitung Biaya Penanaman Dan Perawatan Singkong Gajah Sampai Panen Di Kisaran Rp.10.230.000,- Jika pengolahan Lahan Menggunakan Traktor  s/d Rp.12.230.000,- Jika Pengolahan Lahan Menggunakan Cangkul.Biaya tersebut di atas belum termasuk tanah & bibit , Karena saya anggap tanah adalah milik sendiri dan bibit tidak beli.Target Panen Adalah Minimal 100 Ton / Ha.
Waktu Tanam Awal Musim Penghujan & Pertengahan Musim Penghujan
Harga biaya diatas bisa berbeda dengan kenyataan di lapangan. . Biaya upah di pulau Jawa jelas lebih murah di banding di Pulau bangka. Begitu juga harga pupuk. Kalian sesuaikan sendiri biaya tersebut dengan di daerah masing2.

Untung_singkong

This entry was posted in Perkebunan. Bookmark the permalink.

2 Responses to Singkong GAJA

  1. Didy lukman says:

    Minta info dimana saya bisa beli bibit unggul dan mendapat penyuluhan. Kami di bangka menanam sendiri dan hasil 1 pohon hanya 5 kg. Bisakah kami sebagai petani di bangka ini mendapat bibit dan penyuluhan. Dimana ?

    • yudi_s says:

      kalau untuk penyuluhan menanam ubi sepertinya tidak ada. Ikuti saja cara2 di internet. Asalakan menggunakan cara rajin hasilnya pasti lebih baik dengan yang menggunakan cara malas. Misalnya tanah dibajak dan tidak dibajak, tanah dibuat gundukan dengan tidak dibuat gundukan. tanah diberi kompos dengan tidak diberi kompos. Kalau bibit unggul cukup sambung sendiri dengan ubi karet. cara menyambungnya sangat mudah.http://daunijo.com/cara-menyambung-singkong-karet/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>