Bullish candelstik

Munehisa Homma, seorang pengusaha beras di jepang pada tahun 1700-an yang paling terkenal dalam memprediksikan pergerakan harga-harga beras pada masanya dan masa yang belum terjadi dengan menggunakan harga-harga yang sudah lalu.

Dengan modal pengetahuan ilmiahnya homma terjun ke dalam transaksi perdagangan beras terbesar di Osaka yaitu di dojima dan memulai transaksi perdagangan berasnya hingga dia menjadi popular. Kekuasaan homma sangat mempengaruhi harga pasaran beras, ia mengumpulkan cuaca tahunan dan menganalisa transaksi perdagangan beras yodoya demi mempelajari psikologi para investor. Bahkan ia juga menempatkan para pekerjanya di atap dengan bendera untuk mengirim signal perdagangan dari Osaka ke sakata.

Sebelumnya, Homma sempat menulis sebuah buku yang diperkirakan ditulis pada tahun 1700-an oleh Homma (Sakata Senho dan Soba Sano No Den). Buku ini menceritakan tentang prinsipnya berdagang, seperti yang digunakan dalam pasaran beras.

Buku ini sangat mempengaruhi metodologi candlestick di Jepang dan hingga sekarang telah menjadi metode paling populer dalam transaksi bursa saham melalui pendekatan analisa teknikal.

Artikel diatas adalah sejarah singkat candelstik , meskipun sangat populer sampai sekarang, menurut pengalaman saya sebagai seorang trader tingkat kehandalan candelstik hanya berpengaruh 10% , candelstik  harus dikombinasikan dengan teknikal analsisis yang lain seperti moving average dan chart pattern agar akurasinya lebih tinggi.

Cara cepat belajar candelstik cukup hafal gambar2 di bawah ini. Gambar yang paling kiri tingkat kehandalannya rendah,  yang tengah medium, gambar yang paling kanan tingkat kehandalannya tinggi.

bull1 bull2 bull3 bull4bull5 bull6 bull7 bull8 bull9bull_contoh1 bull_contoh2 bull_contoh3

This entry was posted in Technical Analysis and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>